Senin, 09 Mei 2016

Rumah Minimalis Tropis Dupak Bangunsari

Lokasi : Dupak Bangunsari, Surabaya
Owner : Bu Fitri dan Pak Iir
Pekerjaan : Perencanaan dan konstruksi
Periode : April 2016 - sekarang
Status : Terbangun


Bismillah

Kali ini saya diamanahi untuk merencanakan rumah tinggal di daerah Dupak Bangunsari. Sebetulnya ini adalah pekerjaan perencanaan renovasi rumah. Awalnya bangunan ini merupakan rumah tinggal (di depan) dan kos-kosan (di belakang). Karena jumlah penghuni semakin bertambah, akhirnya fungsi kos-kosan ditiadakan dan dijadikan rumah tinggal saja. Rumah lama yang awalnya satu lantai akan dibangun menjadi dua lantai.

Tantangan dalam mendesain rumah ini adalah mengatur posisi ruangnya karena kebetulan lebar rumah hanya 5 meter, dan yang dibangun hanya 4,5 meter, karena 0,5 meter digunakan untuk saluran pembuangan dan angin-angin. Selain itu kesulitan dalam menentukan strukturnya. Dalam hal ini saya kesulitan untuk menentukan apakah kolom dan pondasi lama kuat untuk menahan beban 2 lantai.


KONSEP DENAH
Sebetulnya tidak ada konsep yang istimewa karena denah menyesuaikan dengan kondisi bangunan lama, jadi tidak perlu membongkar total.

denah lantai 1

denah lantai 2

KONSEP TAMPAK
Karena rumah ini berada di perkampungan, maka untuk konsep hanya menggunakan inimalis tropis seperti kebanyakan rumah pada umumnya.hanya yang membedakan dengan rumah di sekitarnya yaitu penggunanaan motif batu alam di eksterior rumah dan warna yang sedikit kontras.






Sekian dulu ya sharing kali ini. Sekarang progres pekerjaannya sudah akan membongkar rumah depan karena pembangunannya dilakukan bertahap, mulai dari rumah belakang ke depan.

Interior Ruang Tamu

Konsep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar