Senin, 16 November 2015

Taman Wisata Tirta

Bismillah...

Kali ini saya akan membahas desain perencanaan kawasan pertama saya yang saya desain sebagai syarat kelulusan S1 saya yang berjudul Taman Wisata Tirta. Lokasi perencanaan dan penelitian berada di objek wisata Waduk Gunungrowo Indah terletak di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong, kabupaten Pati, Jawa Tengah dengan luas site ±320 Ha. Jarak dengan kota Pati ±16 km. Sebenarnya Waduk Gunung Rowo ini memiliki view yang menarik yaitu mengarah ke dataran tinggi Gunung Muria. Namun karena pengelolaan yang kurang maksimal mengakibatkan waduk ini tampak tidak terawat.

Konsep perencanaan kawasan yang saya buat adalah ECO FRIENDLY dimana bangunan maupun penataan bangunan harus ramah pada lingkungan.




KONSEP PENATAAN MASSA

Konsep penataan massa didasarkan pada analisa tentang pemanfaatan lahan dengan peraturan setempat. Kemudian dari hasil analisa tersebut disesuaikan dengan tema rancangan ECO-FRIENDLY. Hasil akhirnya berupa penzoningan yaitu area MAN MADE FEATURES dan NATURAL FEATURES. Pusat kegiatan pada site terletak pada man made features, kemudian terjadi persebaran aktivitas ke sekitarnyaUntuk natural features lebih diutamakan untuk area konservasi.





KONSEP MASSA BANGUNAN


Menggunakan salah satu bentuk atap jawa yaitu atap kampung. Selain mewakili lokalitas setempat, penggunaan atap tersebut juga sesuai dengan kriteria bangunan Eco-Friendly.


Massa-massa yang akan dibangun pada site harus memenuhi kriteria tema yang sebelumnya telah ditentukan:




Selain bentuk atap, bentuk bangunan panggung juga berdasarkan kontur yang ada sehingga mengurangi cut and fill pada site.


KONSEP STUKTUR PADA BANGUNAN

Struktur yang digunakan pada bangunan utama pada Taman Wisata Tirta ini menggunakan struktur panggung sesuai dengan lahan yang berkontur (kondisi alam setempat). Untuk atap pada bangunan kecil menggunakan struktur kayu sedangkan untuk bangunan bentang lebar menggunakan stuktur baja ringan untuk mengurangi kerusakan alam.




TAMPAK BANGUNAN DAN SITUASI

Dari sekian konsep yang saya jabarkan di atas, di bawah ini adalah tampak bangunan dan serial vision dari perencanaan kawasan Taman Wisata Tirta.







Sekian cerita saya kali ini. Ingin rasanya mewujudkan apa yang saya desain ini di lokasi, tapi mungkin pihak setempat masih belum siap baik secara finansial, administrasi, maupun sumber daya. 

















2 komentar: